Detail Cantuman

Kriteria Guru Pak Dalam Membentuk Jati Diri Remaja Usia 12-15 Tahun

Kriteria Guru Pak Dalam Membentuk Jati Diri Remaja Usia 12-15 Tahun


ABSTRACT

Tulisan ini bertitik-tolak dari masalah-masalah yang sering terlihat dalam kehidupan anak remaja, dalam masa pertumbuhan yang mencari jati diri cenderung tidak mengenal jati dirinya yang sebenarnya. Pembentukan jati diri sering dijadikan pemicu perselisihan bagi peserta didik akibat kesalahan dalam penempatannya. Hal ini bisa dilihat dari perilaku peserta didik yang sesuka-hati, tidak sopan, selalu mencari keributan, bahkan tidak lagi menghargai gurunya, serta tidak lagi mencerminkan perilaku yang takut akan Tuhan dan kaitannya terhadap sesama manusia. Penulis juga melihat bahwa peserta didik di kalangan SMP telah menunjukkan sikap membrontak seperti peserta didik melawan gurunya, suka mengganggu temannya sewaktu belajar dan mengucapkan kata-kata kotor Masa merupakan masa dimana peralihan kanak-kanak menuju setengah dewasa berusaha mencari siapa dirinya, atau disebut pencarian jati dirinya.Ini diakibatkan karena remaja kurang berhati-hati dalam bergaul, dan cenderung menganggap tindakannya adalah benar. Maka dari itu kemampuan yang diperlukan adalah guru yang dapat membentuk jati diri anak tersebut. Kebanyakan guru-guru lebih berfokus pada pembentukan intelegensinya dan sering mengabaikan pembentukan jati dirinya yang positif. Sehubungan dengan itu maka penulisan jurnal ini penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: pertama, Apa saja jati diri positif yang perlu dibentuk dalam diri siswa SMP. Kedua, Apa saja kriteria guru pendidikan agama kristen sebagai pembimbing rohani. Setelah data-data penelitian terkumpul, penulis mengolah dan menganalisa mencari tahu bagaimana pembelajaran pendidikan kristen bagi pembentukan jati diri positif dikalangan siswa SMP. Untuk menemukan jawaban, penulis menyesuaikan data dengan data literature review yang di bahas di bab dua, dengan analisa sederhana yaitu menggunakan metode deskriptif atau penulis mencoba menemukan hal-hal yang penting dalam hubungannya dengan pembentukan jati diri yang positif bagi siswa SMP. Setelah semuannya di analisa maka akhirnya penulis bisa menyimpulkan bahwa guru pendidikan agama kristen sebagai pembimbing rohani di sekolah mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan jati diri yang positif di kalangan siswa SMP. Seorang guru PAK sebagai pembimbing rohani di sekolah mempunyai kontribusi yang besar bagi usaha pembentukan jati diri yang positif di kalangan siswa SMP.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Saya bertanggungjawab bahwa ini benar tulisan Ester Lina Situmorang.
Pengarang Ester Lina Situmorang - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil 415.5 Sit K
Subyek Pendidikan Kristen
Kepribadian
Jati Diri
Klasifikasi 415.5
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STT REAL Batam
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Batam
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2019).Kriteria Guru Pak Dalam Membentuk Jati Diri Remaja Usia 12-15 Tahun.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To Senayan Library's Online Public Access Catalog (OPAC). Use OPAC to search collection in our library.

Media Sosial / Kanal

Facebook REPOSITORY STTREALBATAM Official
Youtube REPOSITORY STTREALBATAM Official
Instagram REPOSITORY STTREALBATAM Official

Address

Developer SETIADI Basecamp
Kp Kebon Kopi Kav 37 Rt 8 Rw 4
Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
E: admin@slimsetd.id