Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAK Di Kelas V SDN 003 Bintan Timur
ABSTRAK
Dalam Berhasilnya peserta didik di dalam belajar bergantung pada model penyajian materi oleh pengajar yang menyenangkan, tidak membosankan menarik, dan mudah dimengerti oleh para siswa. Di Sekolah Dasar 003 Bintan Timur terlihat selama proses pembelajaran, dimana dalam proses pembelajaran, gurumasih menggunakan metode ceramah dan menulis dipapan tulis yang tidak 131 melibatkan peserta didik secara aktif yang akan berdampak dengan hasil belajar siswa tidak sesuai KKM. Pada umumnya siswa harus mampu berpikir kreatif, aktifdan kritis. Namun yang sering terlihat adalah guru hanya memberikan penjelasan materi, siswa hanya mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Hal berikut yang diamati oleh peneliti. Penulis dapat menyimpulkan bahwa, model pembelajaran yang baru dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah sangat penting. Model pembelajaran problem based learning adalah model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena pembelajaran problem based learning dibuat dalam bentuk kelompok untuk memecahkan suatu masalah membuat anak didik semakin kreatif bahkan menjadi aktif untuk mengeluarkan pendapat berpikir kritis antar satu dengan yang lain, sehingga peserta didikpun tidak hanya pasif mendengar. Maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana tingkat keberhasilan siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning? bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning?. Peneliti melakukan penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan metode deksriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan sumber-sumber yang sesuai dengan pokok bahasan yang tertera diatas seperti: Tes siklus I dan siklus II.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Saya bertanggungjawab bahwa ini benar tulisan Imayanti Nainggolan. |
Pengarang |
Imayanti Nainggolan - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
415.5 Nai P |
Subyek |
Pendidikan Kristen Pembelajaran
|
Klasifikasi |
415.5 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
STT REAL Batam |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
Batam |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
. (2020).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAK Di Kelas V SDN 003 Bintan Timur.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd